Kamis, 18 Oktober 2012

Baru mulai


Penelitian Kesehatan lingkungan
Dampak pencemaran Sampah
Di Desa Giriwangi, Kecamatan Gunung Tanjung, Kabupaten Tasikmalaya

a.       Latar Belakang
Kesehatan adalah hal yang mutlak harus di miliki dan di wariksan kepada semua kalangan baik kalangan ekonomi rendah, menengah dan kalangan elite. Namaun kenyataan yang ada di lapangan kesehatan khususnya baik di bidang promotif, frementif dan juga kuratif itu di miliki oleh orang-orang kalangan menengah ke atas.  Contoh dari pada terbengkalainya kesehatan di bagian preventif dan promotif itubisa kita lihat di desa Giriwangi kecamatan Gunung tanjung Kabupaten Tasikmalaya. Desa ini terdiri dari tujuh dusun, yang di huni oleh 3289 orang. Dengan luas wilayah 640ha. Kebanyakan mata pencaharaian nya itu yaitu seorang buruh kuli bangunan dan juga petani. Dan pendidikanmereka pun mayoritas lulusan sekolah Dasar sehingga untuk pengetahuan tentang kesehatan itu mereka masih terbilang kurang.
Dampak dari pada kekurangan pengetahuan itu lah maka masalah yangv terjadi di Desa Giriwangi ini yakni penumpukan sampah. Sampah yang di bawa masyarakat setempat dan di tumpuk di kamar mandi umum itu menjadi sumber dari pada maslah, banyak penyakit yang di timbulkanoleh sampah, misalnya gangguan sosiologis, ekonomi, diare, penyakit kulit dan pencemaran air atau tanah.
Sekilah dari pada itu kami sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat yang tergabung dalam organisasi ekxternal kampus yakni PAMI jabar merasa tertari untuk melakukan penelitian dari pada pencemaran yng di timbulkanoleh sampah tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar